Topologi Jaringan Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Daftar Wifi id Gratis | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

ads
Senin, 24 April 2017

Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer - Perangkat keras atau Hardware komputer merupakan salah satu bagian penting dalam komputer, apabila tanpa perangkat keras sebuah sistem tidak akan dapat bekerja dengan maksimal bahkan tidak akan dapat bekerja sama sekali. Pengertian perangkat keras secara umum, Perangkat keras atau hardware merupakan perangkat atau sebuaj alat yang di operasikan atau di jalankan sebagai pendukung atau penghubung antara perangkat lunak dengan user (Brianware) baik itu input, autput, proses, maupun periperal.

Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

Jenis-jenis Perangkat Keras Komputer

perangkat keras juga terbagi beberapa bagian tergantung fungsi dan kegunaannya sendiri, sehingga prangkat keras di kelasipikasikan menjadi lima kategori, lima kategori tersebut adalah sebagai berikut.

Input Device merupakan alat masukan komputer dengan input device sebuah progam atau sofwar dapta di jalankan tapi tidak semua perangkat lunak dapat di jalankan dengan input device karana input device hanya dapat dapat bekerja atau hanya suport dengan sebagian program saja.

Seperti pointer yang hanya dapat di jalankan dan digerakan dengan mouse atau touchpad saja, dan hurup atau angka hanya dapat di jalankan dengan keyboard, demikian juga dengan suara atau audio kita dapat menyampaikan sebuah audio dengan sebuah micropone dan sebagainya. 

Baca juga: komponen komputer

Output Depice
Autput Device merupakan alat pengeluaran komputer baik itu grafis, suara, dokumen, video, audio, dal lainnya. Seperti halnya monitor, monitor mengeluarkan grafis atau gambar dari sebuah komputer, sepeaker yang mengelurkan audio atau suara, printer yang mencetak dokumen atau gambar, proyektor yang mengeluarkan video grafis dari monitor, dan lainya. Baca selengkapnya Pengertian dan Jenis-Jenis Monitor

Proses Device
Proses Device adslah perangkat yang memperoses semua aktipitas dari sebuah komputer baik itu input atau pun autput, tanpa perangkat peroses komputer tidak akan dapat bekerja apabila mulai dari input sampai autput membutuhkan sebuah alat dalam memproses jalannya input menuju autput.

Contoh : Kita akan mengoprasikan kursor untuk mrng klik atau memindahkan sesuatu dengan penggerakan atau menekan slah satu dari tombol di mouse dari grakan, mouse akan mengirimkan perintah kepada prosessor untuk bergerak.

Baca Juga: Pengertian Prosessor dan Jenisnya

Selanjutnya sebelum kursor bergerak prosessor akan memprosess printah dari mouse melaui kabel ataupun wireles dan menyampaikan pada monitor dan monitor akan menapilkan apa yang tadi diperintahkan. sehingga antara Input-Prosess-Autput tidak dapat di pisahkan semuanya saling berkaitan.

Storage Device
Storage Device merupakan perangkat penyimpanan komputer apabila sebuah komputer tampa ada media penyimpanan tidak akan dapat bekerja secara maksimal juga, storage device juga berfumgsi sebagai media penyimpanan masal baik itu permanen maupun yang sementara.

Peripheral Device
Periperal merupakan sebuah perangkat tambahan komputer yang di gunakan sebagai pendukung dari perangkat lain. Periperal juga berfungsi sebagai perangkat pengoptimalisasi dari sebuah harware sebagai contoh modem dipakai sebagai perangkat tambahan dalam mengoptimalkan sebuah jaringan.

Dari pernyataan di atas dapat di simpulkan bahwa sebuah komputer di bangun dari beberapa perangkat keras yang masing-masing memiliki fungsi sendiri, perangkat tersebut dibagi berdasarkan fungsinya seperti Input (Alat Masukan), Autput (Alat Keluaran), Prosses (Alat Pemproses), Storage (Alat Penyimpanan), dan Periperal (Alat Tambahan).
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Perangkat Keras Komputer

0 komentar:

Posting Komentar