Topologi Jaringan Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Daftar Wifi id Gratis | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

ads
Senin, 20 November 2017

Pengertian Input Device dan Contohnya (Alat-Alat Pemasukan)

Pengertian Input Device dan Contohnya (Alat-Alat Pemasukan) - Input Device merupakan salah satu jenis Hardware yang digunakan untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak. Tanpa perangakt input sebuah komputer tidak akan berfungsi maksimal karena input merupakan salah satu Hardware komputer yang penting.


Pengertian Input Device dan Contohnya (Alat-Alat Pemasukan)

Pemahaman input yang digunakan untuk menerima input data dan program yang ingin Anda proses di komputer. Input menjadi bagian dari sistem komputer karena sistem adalah kesatuan beberapa komponen yang saling berhubungan dan saling terhubung. Jadi dengan masukan kemudian komputer sistem akan menjalankan sesuai dengan keinginan. Masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam unit prosesor untuk diolah dengan tujuan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat input adalah komponen perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke komputer atau dapat dikatakan sebagai di luar unit insert data dari luar ke dalam mikroprosesor.

Memahami perangkat Input Device dalam aplikasi

Perangkat input atau satuan masukan yang umumnya digunakan di komputer, sebagai contoh, itu adalah seperti keyboard dan mouse. Perangkat keras adalah unit kedua yang dapat terhubung antara pengguna komputer. Jika dilihat dari masukan rasa, maka perangkat input yang berguna bagi pengguna untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer menggunakan hardware yang terhubung langsung ke komputer. 

Selain keyboard dan mouse, ada juga sebuah hard drive, flashdisk, Scanner, Cd dan yang lain adalah bentuk perangkat input. Data akan dimasukkan ke dalam komputer melalui beberapa proses, seperti data di Flash untuk menempatkan komputer perlu men-download data scan untuk menghindari virus komputer. Dilihat dari perangkat input rasa, kemudian dapat disimpulkan bahwa perangkat input berfungsi sebagai media atau perantara untuk memasukkan data dari eksternal sistem ke prosesor dan memori untuk diproses dan dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. 

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat mengambil bentuk dari sinyal input dan pemeliharaan masukan. Bentuk sinyal input data yang dapat dimasukkan ke dalam sistem komputer, sementara pemeliharaan masukan yaitu berbentuk program yang digunakan untuk memproses data yang telah dimasukkan ke dalam sistem komputer. Jadi perangkat input selain digunakan untuk memasukkan data, ia juga dapat memasukkan program ke komputer. 

Contoh Perangkat Input Device

Mouse
mouse merupakan perangkat penunjuk yang mendeteksi dua dimensi gerak terhadap permukaan. Gerakan ini biasanya diterjemahkan ke dalam gerak sebuah pointer pada layar, yang memungkinkan kelancaran kontrol antarmuka pengguna. Baca juga Pengertian Sistem Komputer Lengkap

Keyboard
keyboard komputer merupakan perangkat mesin tik yang menggunakan susunan tombol atau kunci untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau saklar elektronik. Setelah penurunan dari kartu punch dan pita kertas, interaksi melalui teleprinter, keyboard menjadi perangkat input utama untuk komputer . Baca selengkapnya Pengertian Keyboard Komputer dan Fungsinya

DVD/CD ROOM
DVD/CD ROOM merupakan sebuah Hardware untuk memasukan cd.

Touchpad
Touchpad merupakan perangkat penunjuk yang menampilkan sensor permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif pada sistem operasi yang dikeluarkan ke layar. Pungsinya hampir sama dengan mouse.

Joystik
joystick merupakan perangkat kontrol utama dalam kokpit banyak pesawat sipil dan militer, baik sebagai tongkat pusat atau sisi-stick.

Scanner
Scanner merupakan sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Input Device dan Contohnya (Alat-Alat Pemasukan)

0 komentar:

Posting Komentar