Topologi Jaringan Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Daftar Wifi id Gratis | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

ads
Selasa, 21 November 2017

Pengertian Output Device dan Contohnya (Alat Keluaran)

Pengertian Output Device dan Contohnya (Alat Keluaran) - Output Device adalah berguna perangkat komputer untuk menghasilkan output, apakah itu adalah untuk kertas (dalam bentuk hardcopy) ke layar monitor (bentuk file) atau output dalam bentuk suara. Misalnya printer, plotter, speaker monitor, dan banyak lagi. Dari penjelasan tersebut, kita dapat simpulkan bahwa prinsip kerja komputer mulai memasukkan data dari perangkat input, dan data diproses oleh CPU menurut sedemikian rupa bahwa kita ingin dan data yang telah diolah oleh terakhir disimpan dalam memori komputer atau disk. Kita bisa melihat hasilnya dalam perangkat output data yang tersimpan.

Pengertian Output Device dan Contohnya (Alat Keluaran)


Output yang dihasilkan dari pengolahan dapat diklasifikasikan menjadi empat bentuk, yaitu menulis (huruf, simbol-simbol khusus), gambar (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk-bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (dapat dibaca mesin bentuk). Tiga pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang terakhir biasanya digunakan sebagai masukan untuk proses selanjutnya dari komputer Anda. Baca Juga: Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer

Output dari bentuk pertama sifatnya permanen dan lebih portabel (dapat dihapus dari perangkat output device dan contohnya dapat dilakukan di mana-mana). Alat yang biasa digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan mikrofilm. Sementara output dari bentuk kedua dapat tampilan video, panel datar, dan speaker. Dan ketiga bentuk output yang menggunakan media magnet disk adalah disk drive, dan menggunakan media magnetic tape berjarak berkendara tape.

1. Monitor

Layar monitor juga disebut komputer layar, tampilan visual unit atau monitor hanya. Monitor adalah alat yang berfungsi menampilkan gambar yang dapat dilihat, dihasilkan oleh komputer tanpa rekaman itu. Layar monitor saat ini sering ditampilkan dalam dua bentuk, yaitu monitor CRT (Tabung sinar katoda) atau Panel datar TFT LCD-seperti. CRT monitor nama berasal dari nama tabung yang terkandung dalam monitor. Bagian belakang tabung memiliki sebuah katoda yang sarat dengan muatan negatif. Elektron-elektron-menghapus penembak turun kelayar bermuatan tabung yang akan memendarkan jika terkena elektron. Setiap cluster pada layar memiliki tiga warna, setiap warna disebut piksel.

Gambar pada layar monitor biasanya terbuat dari 10% dari titik-titik kecil yang bersinar sesuai dengan perintah dari komputer. Semakin pikselnya jarak akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. Jarak antara pixels di monitor disebut Lapangan dot, unit adalah milimeter. Kebanyakan CRT monitor memiliki pitch dot 0.28 mm atau kurang. Untuk LCD monitor adalah monitor yang tipis, dan ter-susun beberapa piksel warna atau monokrom piksel yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor. Baca Juga: Pengertian Layar Monitor dan Jenisnya

LCD sangat terkenal dengan tempat-tempat yang hemat energi dan sedikit makan. Sejak kehematannya, LCD dapat digunakan hanya dengan sumber daya baterai. Hasil pengolahan data atau informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar serta televisi. Setiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. The jenis jenis monitor saat ini telah sangat beragam, mulai dari bentuk-bentuk yang besar dengan cembung, dengan bentuk tipis dengan layar datar (flat).

2. Printer

Printer atau printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik dalam bentuk teks atau gambar/grafis, di atas kertas. Output Printer ini biasanya dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu picker sebagai sarana untuk mengambil kertas dari baki. Nampan adalah tempat untuk meletakkan kertas. Printer tinta atau toner nyata, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner digunakan untuk menulis di atas kertas. Perbedaannya adalah perbedaan dalam sistem tinta dan toner; laser atau toner diperlukan pemanasan, sedangkan tinta inkjet atau tidak perlu pemanasan, hanya membersihkan atau pembersihan pada kepala cetak printer.

Ada juga kabel fleksibel untuk transmisi sinyal dari prosesor untuk printer tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Di bagian belakang printer biasanya ada paralel atau USB port untuk menghubungkan ke komputer. Printer modem adalah alat canggih. Perkakasan elektronik yang terkandung di printer dengan perkakasan elektronik sama yang terkandung dalam komputer itu sendiri. Printer memiliki 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, Daisy roda jenis, tipe tipe Jet Tinta-Jet/gelembung, jenis jaringan, jenis Drum dan jenis Laser.

3. Speaker

Fungsi pembicara pada komputer yang sama dengan fungsi pembicara pada perangkat audio sistem. Yang membedakan secara umum adalah hanya pada ukuran. Pembicara pada komputer dibuat seefektif mungkin sehingga tidak untuk memerlukan terlalu banyak tempat. Namun, khususnya kadang-kadang pengguna terhubung suara mereka output pada perangkat pembicara lain yang lebih baik memberikan lebih banyak kepuasan.

4. Plotter

Plotter pada prinsipnya memiliki fungsi yang sama dengan printer. Perbedaan ini secara umum adalah ukuran dan alokasi plotter. Plotter mampu mencetak pada kertas ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lain. Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang mulai hanya menggunakan pena sebagai alat cetak, sampai sekarang telah menggunakan inkjet dan tinta bubuk (Laserjet). Baca Juga Pengertian Hardware Komputer

5. Headphone

Headphone berfungsi sama dengan fungsi speaker. Yang membedakan secara umum adalah hanya pada ukuran. Headphone dibuat seefektif mungkin sehingga tidak untuk memerlukan terlalu banyak tempat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Output Device dan Contohnya (Alat Keluaran)

0 komentar:

Posting Komentar