Topologi Jaringan Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Daftar Wifi id Gratis | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

ads
Rabu, 26 April 2017

Macam-macam Perangkat Lunak (software) dan Contohnya

Macam-macam Perangkat Lunak (software) dan Contohnya - Sebelum membahas tentang jenis jenis perangkat lunak atau software ada baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan perangkat lunak. perangkat lunak atau software merupakan salah satu unsur utama yang mendukung kinerja dari komputer atau hardware (perangkat keras) sehingga dapat didefinisikan bahwa perngkat lunak komputer (software) yaitu suatu perangkat pendukung kinerja dari komputer yang menghubungkan antara Harware (perangkat keras) dengan Pengguna (Brainware). perangkat lunak atau software sendiri terbagi menjadi 3 macam, berikut ini merupakan macam macam perangkat lunak atau software.

Macam-macam Perangkat Lunak (software) dan Contohnya

Sistem Operasi
Jenis perangkat lunak atau software yang pertama yaitu Software sistem operasi, perangkat lunak atau software sistem operasi merupakan suatu program perangkat lunak atau software komputer yang diprogram untuk megoperasikan komputer. tanpa adanya sistem operasi komputer tidak akan dapat berjalan dengai baik bahkan tidak akan berjalan sama sekali. perangkat lunak atau software Sistem operasi merupakan suatu perankat lunak sistem yang digunakan sebagai pengoperasi komputer sebagaimana namnya. 


Perangkat lunak atau software sistem operasi juga merupakan suatu software komplek yang mempunyai banyak sekali fungsi. Fungsi yg pertama dari sistem operasi merupakan sebagai pengatur perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU. Fungsi yang kedua dari perangkat lunak atau software sistem operasi merupakan sebagai penerjemah dari segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat di mengerti dan dapat dikerjakan oleh CPU.

Fungsi yang ketiga yaitu untuk mengatur semua proses yg terjadi di dalam CPU. Sistem operasi juga berfungsi sebagai platform atau tempat berrjanalannya suatu software atau aplikasi. Contoh dari perangkat lunak atau software sistem operasi yaitu seperti Sistem operasi Windows, Linux, Unix, Machintos dan lain-lainnya.

Program Aplikasi
Jenis perangkat lunak atau software yang kedua yaitu Program aplikasi. Perankat lunak aplikasi merupakan suatu software yang mempunyai fungsi khusus, Fungsi khusus tersebut disesuaikan dari tujuan awal pembuatannya. Program aplikasi merupakan software atau perangkat lunak atau software yang banyak digunakan sebagai pembantu proses penyelesaian tugas-tugas tertentu yaitu seperti untuk pembuatan surat, mendengarkan musik, menonton film, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi yang lainnya. Contoh program aplikasi seperti Microsoft word, excel, power point, Winamp, Media player classic, calculator. 
  • Pangkat Lunak Perkantoran

Perangkat lunak atau software perkantoran merupakan perangkat lunak atau software yang di program sebagai perangkat pendukung bagi orang di suatu kantor ataupun instansi pemerintahan karena pearangkat lunak ini diperuntukan untuk mengurus suatu berkas seperti artikel, bahan persentasi, dan lainnya. perangkat lunak atau software perkantoran memiliki banyak jenisnya sekatrang dengan berkembangnya jaman yang makin canggih dan orang orang makin kreatip sehingga menghasilkan suatu karya yang tak kalah dengan aplikasi yang lain.

Baca Juga: Pengertian Software Aplikasi Perkantoran
  • Perangakat Lunak Browser

Perangkat lunak atau software browser merupakan perangkat lunak atau software yang digunaka untuk browsing atau berselancar di dunia internet. dan berikut merupakan beberapa perangkat lunak atau software berowser.
  • Perangkat lunak atau software Grafis

Perangkat lunak atau software grafis merupakan perangkat lunak atau software yang digunakan sebagai pengolah gambar baikitu proses pengeditan maupun proses pembuatan. Berikut merupakan beberapa perangkat lunak atau software grafis yang banyak digunakan orang.

Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman (programming language) merupakan bahasa yg digunakan untuk membuat program itu sendiri. Ada banyak bahasa pemrograman contoh salah satunya yaitu Bahasa C, C++, Pascal, Borland, Visual Basic, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menunjang pembuatan suatu perangkat lunak atau software maka harus menggunakan perangkat lunak atau software yang digunakan untuk merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-macam Perangkat Lunak (software) dan Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar