Topologi Jaringan Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Daftar Wifi id Gratis | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

ads
Kamis, 15 Desember 2016

Sejarah Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya

Sejarah Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya - Komputer adalah sebuah alat atau perngkat yang digunakan untuk mengolah data dan informasi melalui perintah yang telah diberikan dan dirumuskan. Kata dari komputer awalnya di pakai sebagai penggambaran seseorang yang perkerjaannya menghitungan aritmetika, dengan bantuan alat penghitung atau tanpa alat bantu perhitungan, akan tetapi arti dari kata komputer ini kemudian dipindahkan pada mesin pembantu penghitungan dari pekerja nyang menghitung aritmatika. sejarah awal mula komputer adalah perangkat pengolahan informasi eksklusif yang berhubungan dengan masalah aritmatika, akan tetapi komputer jaman sekarang (modern) dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Sejarah Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya

Pengertian komputer Secara luas yaitu Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen sebagai penyusunnya, yang saling terhubung antara komponen satu dengan yang lain, sehingga akan memperoses hasil suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada dan dijalankan oleh sebuah sitem yang dinamakan sistem operasi (OS). Berikut ini beberapa komponen penyusun perangkat komputer (Hardware) seperti Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan sebagainya. Baca juga Tutorial Merakit Komputer PC Lengkap

Untuk Saat ini, komputer sudah semakin canggih, bahkan akan berkembang terus dan terus. Namun demikian komputer yang ada saat ini pada awal mulanya tidak seperti sekarang dahulu perangkat komputer tidak seperti sekarang yang ukurannya kecil, tipis, ringan, canggi dll. 

Dengan adanya komputer yang sekarang ini, anda haruslah bersyukur, karena dahulu kala komputer Dalam sejarah komputer memiliki 5 generasi yang pada masanya itu komputer sudah dikatakan canggih dan harganyapun sangat mahal pada ketika itu. Untuk itu kali ini saya akan mencoba sedikit menerangkan dalam artikel di bawah bagai mana Sejarah Komputer dari awal mula di rangcang dalam komputer generasi pertama hingga komputer generasi kelima yang dipakai sebagai rujukan komputer komputer yang dipakai sekarang ini.

Komputer Generasi Pertama

Pada awalmulanya Komputer digunakan sebagai alat penyusun strategi perang sehingga pada perang dini kedua beberapa negara yang terlibat melakukan proses mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Akhirnya Pada tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse, membangun sebuah komputer, yang diberi nama Z3, yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Baca Selengkapnya Pengertian Komputer Generasi Pertamanya

Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, adanya penemuan transistor sangatlah mempengaruhi perkembangan komputer. Karena dengan adanya Transistor komputer menjadi lebih baik sehingga dengan adanya transistor akan menggantikan peran tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Sehinggga ukuran dari mesin-mesin elektronik pada tahun tersebut menjadi berkurang drastis lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi Pertama.

Komputer Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun ada kekurangan yang sangat besar dari transistor yaitu menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Ketika itu seorang insinyur dari Texas Instrument yang bernama Jack Kilby, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958.

Komputer Generasi Kempat

Setelah IC ditemukan, tujuan selanjutnya dalam pengembangan komputer menjadi lebih jelas yaitu untuk mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik pada komputer. Sehingga munculah sebuah perangkat yang dinamakan dengan Large Scale Integration (LSI) yaitu perangkat yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) diciptakan dengan memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Baca Lebih lengkap Pengertian Komputer dan Generasinya

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima adalah komputer fiksi dari HAL9000. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan yang di buata oleh artificial intelligence atau AI, HAL sangatlah cerdas sehingga dapat digunakan untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya

0 komentar:

Posting Komentar