Topologi Jaringan Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Daftar Wifi id Gratis | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

ads
Jumat, 16 Desember 2016

Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya

Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya -  Dalam dunia teknologi komputer merupakan salah satu unsur utama pengembangannya, sehingga banyak sekali Inovasi-inovasi dari pengembang teknologi dengan cerdas para pengembang teknologi komputer mengembangkan teknologi komputer sehingga komputer dapat menjadi seperti skarang ini . Peran dari pengembang komputer elah ikut andil dalam perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat. Perkembangan inovasi teknologi dari komputer tersebut terbagi dalam lima generasi. Dari lima generasi komputer tersebut kita dapat membandingkan bagaimana cepatnya perkembbangan dari komputer yang berkembang begitu pesat. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang, dari generasi ke generasi. 

Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya

Komputer Generasi Pertama

Awall mulanya Perangkat komputer dikembangkan uuntuk digunakan sebagai alat untuk mendesain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan komputers untuk mendesain pesawat dan peluru kendali tersebut adalah Konrad Zuse. Konrad Zuse adalah seorang Insinyur yang berasal dari Jerman. Pertengahan tahun 1940-an komputer yang dibuat oleh Konrad Zuse mengalami perkembangan lebih lanjut. Pengembangan Komputer yang dibuat oleh Konrad Zuse dilakukan oleh John von Neuman. Baca lebih lengkap Pengertian Komputer dan Generasi Pertamanya

Untuk membedakan komputer generasi pertama anda dapat melihat dari sebuah CPU (Central Processing Unit) yang terdapat didalam komputer generasi Pertama merupakan sebuah mesin utama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem yang berada di dalam komputer. Sedangkan program utama yang berada di komputer generasi pertama adalah Sistem Operasi “machine language”.

Komputer Generasi Kedua

Pada komputer Generasi Kedua ada penemuan yang sangat penting yaitu telah ditemukannya transistor. Transistor adalah sebuah alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja dari komputer dan juga dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan dari transistor sangatlah mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua seperti beberapa intansi pemerintahan, perusahaan dan universitas, yang juga berperan serta dalam memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan komputer generasi kedua adalah ditemukannya transistor, sehingga membuat ukuran dari komputer generasi kedua berukuran lebih kecil dari pada komputer generasi pertama.

Komputer Generasi Ketiga

Pada akhir kejayaan komputer generasi kedua, komputer generasi kedua mulai banyak ditinggalkan karena pemakaian transistor pada komputer membuat komputer menjadi lebih cepat panas. Sehingga pada akhirnya seorang ilmuwan bernama Jack Billy melakukan sebuah percobaan penelitian pada transistor. Sehingga pada tahun 1958, Jack Billy menciptakan sebuah komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang dinamakan dengan IC atau Integrated Circuit. IC adalah sebuah chip kecil yang sangat canggih IC mampu menampung banyak sekali komponen menjadi satu. Penemuan dari IC membuat ukuran dari komputer menjadi lebih kecil. Sehingga pada sistem operasi komputer juga mengalami perkembangan, pada sistem operasi komuter generasi ketiga ini komputer sudah mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Komputer Generasi Keempat

Perkembangan Komputer berlanjut Pada generasi keempat, yaitu pengembangan komputer oleh Perusahaan Very Large Scale Integration. Perusahaan ini mencoba melakukan pengembangan dari IC pada 1980-an. Sehingga pada akhirnya Perusahaan Very Large Scale menciptakan sebuah chip tunggal dapat menampung ribuan komponen yang dipakai sampai sekarang yang kenal dengan PC (Personal Computer). Sehinggga perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disana, pengembangan dari komputer generasi ketiga kemudian memunculkan perangkat komputer yang dapat dibawa kemana-mana yang disebutdengan Laptop. Baca lebih lengkap Pengertian Komputer dan Generasinya dari awal sampai Akhir

Komputer Generasi Kelima

Perkembangan Komputer tidak berhenti di generasi keempat, pada saat ini pengembangan komputer generasi kelima sedang dilakukan oleh beberapa vendor perusahan pengembang komputer. Generasi komputer kelima biasanya akan di disebut sebagai komputer generasi masa depan. Seperti beberapa bukti kecil yang sudah ada pada saat ini adalah seperti munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi yang lainnya. Namun demikian ada sedikit bocoran bahwasanya pengembangan komputer selanjutnya adalah pengembangan perangkat komputer yang bisa dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik atau tanpa perlu mennyentuhnya.

Akankah komputer generasi kelima terealisasi, kita tunggu saja kemunculannya. Hanya waktu yang bisa menjawab.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sejarah Perkembangan Komputer Lengkap Dengan Penjelasanya

0 komentar:

Posting Komentar